Pedoman Sehat Makan dan Minum si Kecil

Sabtu, 25 November 2017 - 07:09 WIB
Pedoman Sehat Makan...
Pedoman Sehat Makan dan Minum si Kecil
A A A
JAKARTA - Memiliki anak sehat dan cerdas merupakan dambaan semua orang tua. Pertumbuhan anak yang sesuai dengan perkembangannya disertai kecerdasan kognitif pun menjadi perhatian.

Dekan Fakultas Ekologi Manusia Instititut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan peningkatan gizi bagi anak sangat penting. Apalagi dalam menyiapkan menu makanannya yang sehat.

"Sebagai pihak akademis kami melihat perlu dilakukan intervensi terkait dengan peningkatan gizi bagi anak. Untuk itu kerja sama dengan Danone untuk mengkampanyekan prgoram Isi Piringju agar meningkatakn kesadaran masyarakat khususnya para ibu untuk mendukung kesehatan anak jangka panjang," kata Dr Arif Satria di Jakarta.

Asupan anak yang sehat berawal dari isi piring makanannya. Asupan makanan bergizi bagi anak adalah adanya kombinasi yang seimbang dengan protein, karbohidrat, dan vitamin dalam meningkatkan asupan gizi bagi si kecil.

"Jadi, kombinasinya adalah 50% buah dan sayur serta 50% karbohidrat dan protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat. Agar anak mendapatkan pemenuhan asupan gizi," beber dia.

Dalam memberikan edukasi panduan makan sekali saji untuk anak usia 4 sampai 6 tahun dibutuhkan peranan dari guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Para guru PAUD ini juga dapat memberikan pelatihan khusus untuk mengisi menu makanan dalam isian piring.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)